Profil Eric Dier, Tottenham Hotspur

profil pemain Tottenham HotspurEric Jeremy Edgar Dier atau yang biasa dikenal dengan nama Eric Dier adalah pemain sepakbola berkebangsaan Inggris yang berposisi sebagai gelandang bertahan dan saat ini bermain di klub asal London Utara, Tottenham Hotspur. Dier lahir pada tanggal 15 Januari 1994 di Cheltenham, Gloucestershire, Inggris.

Dier adalah cucu dari Ted Crocker yang merupakan mantan sekertaris dari FA dan presiden Cheltenham Town, sang kakek juga mantan pemain sepakbola profesional yang dulunya pernah bermain untuk Charlton Athletic, tim yang juga pernah dibela oleh paman Dier, Peter Crocker. Sementara ayah Dier adalah mantan pemain tenis profesional.

Saat berusia tujuh tahun, dier kecil pindah ke Portugal. Dia pindah karena Ibunya ditawari pekerjaan menjalankan program perhotelan ketika UEFA Euro 2004. Dier tinggal bersama orang tuanya dan kelima saudara kandungnya selama satu tahun di wilayah Algarve sebelum pindah ke Lisbon. Pada tahun 2010, orang tuanya kembali ke Inggris sementara ia tetap tinggal di Lisbon, karena sudah bergabung dengan akademi Sporting CP.

Pada bulan April 2010, Eric Dier menandatangani kontrak bersama Sporting. Kemudian di bulan Januari 2011, Dier setuju bergabung dengan tim muda Everton sebagai pemain pinjaman sampai dengan 30 Juni 2011. Di masa pinjaman tersebut Dier bermain sebanyak sepuluh kali bersama Everton U-18 dan dia juga berhasil memenangi Liga U-18 bersama dengan timnya itu. Sempat mengalami kesulitan ketika tinggal di kampung halamannya, akan tetapi di musim panas 2011, dia akhirnya memperpanjang durasi pinjamannya sampai 12 bulan.

Pada 26 Agustus 2012, Dier membuat debut bersama tim Sporting B pada musim 2012/2013 Segunda Liga ketika menang 1-3 atas Atletico, dia masuk sebagai pemain pengganti di menit ke-77 saat menggantikan Diego Rubio. Eric Dier membuat gol di tim senior dalam ajang Segunda Liga ketika timnya mengalahkan Benfica B dengan skor 1-3 di laga tandang, golnya tercipta dari proses tendangan bebas.

Dier akhirnya dipanggil untuk memperkuat tim utama Sporting saat kemenangan di ajang Primeira Liga 1-0 melawan Braga dalam laga kandang. Dalam partai tersebut Dier berhasil membuat assist untuk gol semata wayang Sporting yang dilesakan oleh Ricky van Wolfswinkel. Lima belas hari setelah debut, dia akhirnya bisa membuat gol pertamanya di tim utama Sporting, golnya tercipta di pertandingan tandang melawan Moreirense tapi sayang golnya tidak bisa membuat timnya meraih kemenangan karena kedua tim harus mengakhiri laga dengan hasil seri dengan skor 2-2.

Setelah membela tim utama Sporting CP dari tahun 2012-2014, Dier akhirnya memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya, Inggris pada 2 Agustus 2014. Selama berkarir di Portugal bersama dengan tim utama Sporting CP, dia mencatatkan 27 penampilan dan mencetak 1 gol di Primeira Liga. Di Inggris dia memperkuat tim asal London Utara, yaitu Tottenham Hotspur. Dier menandatangani kontrak empat tahun dengan The Lily White dengan biaya transfer mencapai £4 juta.

Bersama Tottenham Hotspur, Dier membuat debutnya saat pekan pertama Premier League musim 2014/2015, melawan West Ham United dan berhasil membuat gol satu-satunya di laga tersebut di masa perpanjangan. Pada saat Final League Cup atau biasa disebut dengan EFL Cup melawan Chelsea, Dier bermain sejak menit pertama pada pertandingan itu. Tapi sayang timnya harus kalah dari Chelsea 2-0. Selama musim 2016/2017, posisi Dier sering diubah oleh sang pelatih, Mauricio Pochettino dia digeser kebelakang sebagai bek tengah untuk menggantikan posisi dari Toby Alderweireld dan Jan Vertongen yang mengalami cidera. Selama membela Tottenham Hotspur sampai saat ini Dier sudah mengoleksi 101 penampilan dan 1 gol di Premier League.

Di karir Internasionalnya, Dier sebenarnya digadang-gadang sebagai pemain masa depan Portugal oleh Federasi Sepakbola Portugal atau FPF. Dier membela tim nasional Inggris dari jenjang U18,U19,U20 dan U21. Pada 28 Mei 2013, dia masuk skuat Inggris muda asuhan Peter Taylor untuk kejuaraan FIFA U-20 World Cup 2013. Dier debut pada 16 Juni ketika menang 3-0 dalam laga pemanasan kontra Uruguay.

Pada 5 November 2015, Dier akhirnya terpilih untuk membela tim senior Inggris ketika dipanggil oleh manajer The Three Lion saat itu, Roy Hodgson saat berhadapan dengan Spanyol dan Prancis. Pada UEFA Euro 2016 Prancis namanya terdaftar dalam skuat Inggris, di kejuaraan itu dia bermain di laga pembukaan melawan Rusia dan berhasil mencetak gol dari tendangan bebas dengan laga yang berkesudahan dengan skor 1-1. Sampai saat ini Dier sudah mencatatkan 18 penampilan dan 2 gol bersama The Three Lion.