franck kessie sang pemain AC Milan

Profil Franck Kessie, AC Milan

Franck Kessie resmi bergabung ke AC Milan pada musim 2017/2018 ini dengan status pinjaman dari sesama tim Italia, Atalanta. Pemain berkebangsaan Pantai Gading ini dipinjam dengan durasi waktu dua tahun atau dengan kata lain, ia akan menghuni skuat asuhan Vincenzo Montella sampai tahun 2019 nanti.

Franck Kessie bergabung ke Atalanta pada 29 Januari 2015. Ia menandatangai kontrak selama tiga tahun dengan tim asal Bergamo, Lombardy itu. Ia mengawali karirnya di Atalanta bersama skuat Primavera. Ia baru mendapat panggilan untuk bermain di skuat utama Atalanta 18 April 2015, yaitu saat Atalanta bertanding melawan AS Roma. Akan tetapi, kesempatan pertamanya bergabung di skuat utama itu hanya bisa ia habiskan di bangku cadangan.

Pada bulan Agustus 2015, Atalanta ‘menyekolahkan’ pemain yang lahir pada 19 Desember 1996 dengan meminjamkannya ke Cesena. Ia dipinjamkan dengan durasi waktu 1 tahun. Di klub inilah Kessie mendapatkan kesempatan bermain yang banyak. Selama musim 2015/2016 ia bermain 38 kali dan berhasil mencetak 4 gol. Adapun gol profesional pertamanya ia cetak ke gawang Virtus Lanciano dalam partai kendang Cesena.

Pertengahan tahun 2016, pemain yang mempunyai berat badan 74 kilogram dan tinggi 183 sentimeter ini kembali ke Atalanta. Di bawah asuhan Gian Piero Gasperini, Franck Kessie dipercaya untuk promosi ke skuat utama Atalanta. Musim 2016/2017 pun ia lewati dengan kesempatan bermain yang banyak. Tercatat, hingga akhir musim Franck Kessie bermain sebanyak 31 kali dan berhasil menorehkan 7 gol. Ia pun berjasa besar mengantarkan Atalanta mendapatkan tiket untuk bermain di Liga Europa musim depan setelah berhasil finish di peringkat 4.

Pada usia yang masih belia, yaitu 17 tahun, Franck Kessie sudah dipanggil untuk memperkuat timnas Pantai Gading. Debutnya adalah pada saat Pantai Gading menjalani partai kualifikasi Piala Africa 2015 melawan Sierra Leone. Debutnya berbuah manis kala itu. Pantai Gading yang bermain di kendang berhasil mengalahkan Sierra Leone dengan skor 2-1. Adapun sebelum menjajaki timnas senior, Kessie telah mempunyai cukup pengalaman bermain di level internasional. Ia tercatat telah bermain untuk timnas Pantai Gading u-17 dan u-20. Tidak heran jika ia kemudian dimasukkan ke dalam daftar 23 pemain timnas Pantai Gading yang berlaga dalam ajang Piala Afrika 2017.

Pemain bernama lengkap Franck Yannick Kessie ini akhirnya mendapatkan kesempatan besar dalam karir sepakbolanya setelah Vincenzo Montella tertarik untuk menggunakan bakat sang pemain untuk memperkuat skuat asuhannya mengarungi musim 2017/2018. Ketertarikan Montella ini pun diamini oleh pihak manajemen AC Milan sehingga pemain yang kini berusia 20 tahun tersebut didatangkan ke San Siro.

Di Milan, Franck Kessie akan menjadi pemain muda ke sekian yang mengisi lini tengah Rossoneri. Pemain yang dilahirkan di Ouragahio pada 19 Desember 1996 ini akan mengingatkan publik Milan akan legenda hidup mereka, Gennaro Gattuso. Pasalnya Kessie adalah tipe pemain petarung pantang menyerah, sesuatu yang pernah publik Milan miliki dari sosok Gattuso.

Namun begitu, Milan tampaknya akan mendapatkan hal yang lebih dari itu. Banyak pengamat mengatakan bahwa selain jiwa bertarung yang kuat di lapangan, Franck Kessie juga dibekali insting menyerang yang akan sangat membantu ketika tim yang dibelanya sedang mengalami kebuntuan. Pemain yang ketika beseragam Cesena ini berposisi menjadi bek, diyakini akan menjadi pendukung yang mumpuni bagi lini serang AC Milan yang digalang oleh Carlos Bacca dan kawan-kawan.

Di sisi lain, ada kisah menarik pada kedatangan Kessie ke AC Milan di musim panas 2017 ini. Kessie, yang menyukai nomor punggung 19 ternyata harus merelakan nomor tersebut untuk pemain lain. Kessie memilih nomor tersebut karena sesuai tanggal lahirnya dan punya makna tersendiri baginya. Namun karena Leonardo Bonucci juga menginginkan nomor yang sama, Kessie pun akhirnya harus mengalah dan berbesar hati memberikan nomor tersebut pada pemain yang lebih senior dan lebih disegani. Beruntung tidak ada yang bersitegang dalam masalah ini. Bonucci pun sangat berterima kasih kepada Kessie, karena nomor 19 dianggapnya sebagai nomor keberuntungan yang punya arti sangat besar dalam hidupnya.