Profil Tim Howard, Colorado Rapids

profil kiper Colorado RapidsTimothy Matthew Howard atau biasa dikenali dengan nama Tim Howard adalah pemain sepakbola berkebangsaan Amerika Serikat yang berposisi sebagai penjaga gawang lahir pada tanggal 6 Maret 1979 di North Brunswick, New Jersey, United States. Tim Howard saat ini memperkuat klub asal Amerika Serikat, Colorado Rapids.

Ayah Howard adalah seorang sopir truck, ayahnya meninggalkannya sebelum Howard bisa mengingat sosoknya. Sejak Howard tinggal bersama dengan Ibunya setelah orang tuanya bercerai saat dia berusia tiga tahun. Ketika duduk dibangku kelas 6 sekolah dasar dia didiagnosis mengidap sindrom tourette.

Di tahun 1991, Tim Mulqueen yang saat itu sedang menjadi salah satu asisten pelatih tim nasional Amerika Serikat U-17 melihat potensi dari Howard dalam sesi pelatihan sepakbola dan kemudian menawarkannya pembinaan sepakbola secara gratis di bawah bimbingannya. Dan kemudian ketika dia memasuki masa SMA dia bermain untuk Central Jersey Cosmos.

Tim Howard memulai kariri profesionalnya bersama klub North Jersey Imperials. Setelah hanya enam kali bermain dengan North Jersey Imperials kemudian dia dibawa ke MetroStars pada tahun 1998 oleh Mulqueen, yang saat itu menjabat sebagai pelatih kiper MetroStars. Dalam debut pertamanya di MLS pada 18 Agustus 1998, Howard mendapatkan kemenangan bersama timnya ketika mengalahkan Colorado 4-1 di Giants Stadium. Kemudian Howard bermain dalam satu laga bersama Nike Project-40 Team. Bermain bersama MetroStars di MLS musim 1999, Howard membuat delapan penampilan bersama timnya tersebut. Total penampilannya bersama MetroStars dari tahun 1998 sampai dengan tahun 2003 adalah 88 caps.

Kemudian pada tahun 2003, Manchester United membeli Howard dari North Jersey Imperials dengan biaya mencapai US$4 juta untuk menggantikan posisi dari Fabien Barthez sebagai kiper utama di klub. Howard memulai debut penampilannya dengan sangat bagus di Manchester United ketika berhasil mengantisipasi tendangan pinalti dari pemain Arsenal saat laga Community Shield. Dia bermain bagus lagi ketika melawan Bolton Wanderers dan ketika pertandingan kandang melawan Manchester City dalam ajang FA Cup.

Dimusim keduanya bersama The Reds Devil, Howard tampil mengecewakan dengan membuat beberapa kesalahan dan kemudian posisinya digantikan oleh Carroll. Howard kembali mendapatkan posisinya sebagai kiper utama, tapi karena penampilannya yang tidak meyakinkan dia akhirnya kembali dilengserkan dari posisinya tersebut. Pada akhir musim 2004/2005, Howard menandatangani kontak baru bersama Setan Merah yang berdurasi 5 tahun. Pada musim panas 2005, Manchester United melepas kedua pesaing dari Howard, yaitu Ricardo Lopez Felipe dan Carroll. Akan tetapi juga membeli kiper baru asal Belanda, Edwin van Der Sar dari Fulham.

Pada musim 2006/2007, Howard dipinjamkan Manchester United ke sesama klub asal Inggris, Everton dan membuat debutnya di laga kontra Watford pada partai pembuka Premier League. Setelah satu musim menjadi pemain pinjaman di Everton ia menandatangani kontrak permanen bersama Merseyside Blue pada tahun 2007. Biaya kepindahannya ke Goodison Park diperkirakan sekitar £3 juta. Howard membuat penampilan ke-100 untuk Everton ketika melawan West Ham United pada 8 November 2008.

Di semifinal Piala FA, dia bermain bagus dengan memuntahkan dua pinalti dari mantan klubnya, Manchester United ketika babak adu pinalti. Pada 19 Februari 2016, manajer Everton kala itu Roberto Martinez mengonfirmasi bahwa Howard hanya akan menjadi pelapis bagi kiper muda mereka, Joel Robles. Sebelum pertandingan terakhirnya bersama Everton, Howard berpidato di hadapan para suporter, dengan berkata, “Saya akan tetap menjadi Evertonian seumur hidup. Ini akan menjadi tim saya, klub saya.”

Setelah kebersamaannya bersama Everton selama 10 musim dengan total 354 penampilan dan menyumbang 1 gol di Premier League, pada 20 Maret 2016, dia memutuskan kembali ke MLS, dengan menandatangani kontrak tiga setengah tahun bersama Colorado Rapids.

Di karir Internasionalnya, Howard pernah membela tim junior Amerika Serikat U-20 pada ajang FIFA World Youth Championship 1999 di Nigeria. Kemudian pada bulan Juli 1999, dia dipanggil oleh tim nasional Amerika Serikat U-23 untuk kejuaraan Pan American Games Tournament 1999. Di kejuaraan tersebut Amerika Serikat berhasil memperoleh mendali perunggu. Howard membuat debut bersama tim senior Amerika Serikat kertika melawan Ekuador pada 10 Mei 2002. Sampai saat ini Howard sudah mengoleksi 115 penampilan bersama tim nasional Amerika Serikat sejak debutnya di tahun 2002.